_Berbagi Dengan Penuh Ikhlas_

Blogger

Tuesday, October 2, 2012

Cara paling mudah menulis artikel di blog

Cara paling mudah menulis artikel di blog



Menulis artikel di blog adalah pekerjaan rutin seorang pengelola blog bisnis online. Namun bila menurut anda menulis artikel di blog bukan pekerjaan yang mudah, anda memerlukan cara agar mudah menulis artikel di blog.

Kecuali bila anda bermaksud menyalin tulisan orang lain untuk diterbitkan di blog anda. Tapi, mengkopi paste tulisan orang lain adalah cara tidak sehat, dan lambat laun dapat merusak citra anda di dunia online. Karena itulah bagi anda yang tidak pandai menulis artikel, anda membutuhkan cara paling mudah menulis artikel di blog bisnis online.

Berikut ini caranya.

1. Cari ide penulisan artikel.


Bila anda ingin agar peringkat alexa blog anda selalu meningkat dari hari kehari maka mau tidak mau anda harus rutin menulis artikel terbaru. Rutin disini saya maksudkan adalah sejak anda mulai membuat blog anda harus rencanakan berapa kali dalam satu minggu anda akan menerbitkan artikel terbaru, dan anda harus konsisten.

Anda bisa menulis dan menerbitkan artikel terbaru setiap satu minggu satu artikel, atau setiap hari, itu terserah anda asalkan anda mampu menulis artikel yang original. Tapi tidak banyak orang mampu menulis artikel original setiap hari, dikarenakan kesulitan mendapatkan bahan penulisan, baik karena kurangnya wawasan  pengetahuan maupun tidak muncul ide penulisan.

Memunculkan ide menulis itu yang anda perlukan.  Ada banyak hal yang dapat anda lakukan agar muncul ide penulisan beberapa diantaranya:

-Membaca media cetak yang terkait dengan topik blog anda.
-menonton acara di televisi.
-membaca artikel di blog orang lain.
-Jalan-jalan di luar rumah mengunjungi tempat-tempat tertentu yang spesipik.
-berdiskusi dengan siapa saja terkait dengan topik yang sama dengan topik blog anda.
-dll.

2. Mulailah menulis.


Setelah langkah pertama diatas anda lakukan dan anda mendapatkan ide untuk menulis tentang apa di blog anda, mulailah menuliskan apa saja yang mau anda tulis. Anda jangan perdulikan ejaan yang salah, jangan takut tata bahasa yang tidak sesuai kaedah berbahasa yang baik, dan bahkan jangan perdulikan bila kalimat yang satu dengan kalimat berikutnya nampak tidak saling sambung menyambung. Yang penting adalah tulislah sebanyak mungkin apa saja yang ada dalam kepala anda.

Setelah anda menulis cukup banyak kata, katakanlah minimal 3000 karakter, selanjutnya anda periksa susunan kata agar membentuk sebuah kalimat yang terstruktur dengan baik, dan memiliki makna yang jelas. Gunakan kata bahasa Indonesia yang baku, tapi kata bahasa Indonesia yang baku tidak mutlak dan tidak ada salahnya bila anda menggunakan kata yang populer dalam pergaulan (bahasa gaul).

Kata-kata yang telah terstruktur dengan baik dan membentuk kalimat yang bermakna anda padukan dengan kalimat - kalimat berikutnya yang anda tulis, sehingga antara kalimat yang satu dan kalimat berikutnya saling sambung-menyambung, dan ahirnya membentuk rangkaian kalimat yang memiliki tema yang anda kehendaki (misalnya topik tulisan anda adalah penjelasan tentang cara menulis artikel di blog).

3. Cari kata kunci untuk artikel anda.


Anda harus analisa apa kata-kata yang populer di internet untuk topik artikel yang anda tulis. Untuk itu anda bisa gunakan google insight. Anda dapat menemukan kata yang populer untuk topik artikel anda. Misalnya tulisan anda berisi penjelasan cara paling mudah menulis artikel di blog untuk bisnis, mungkin dalam artikel yang anda tulis anda memuat banyak kata misalnya kata - kata : menulis, artikel, cara, blog, bisnis, blogspot, wordpress, baik, mudah, cepat dsb. Anda harus temukan kata yang paling populer di internet untuk topik cara menulis artikel di blog bisnis. Mungkin prasa kata "cara menulis artikel" adalah kata yang populer maka gunakan kata tersebut sebagai judul artikel anda.

Anda harus perbanyak kata-kata "cara menulis artikel" dalam artikel yang anda tulis tersebut. Anda bisa menulis prasa kata "cara menulis artikel" dalam satu kalimat, atau anda muat kata "cara", atau "menulis", atau "artikel" dalam banyak kalimat di artikel anda.

4. Lihat persaingan.


Boleh jadi karena prasa kata "cara menulis artikel" yang nantinya akan anda gunakan sebagai judul artikel anda adalah prasa kata yang sangat populer di internet, sehingga persaingannya sangat ketat. Untuk anda yang baru membuat blog anda sebaiknya menambahkan kata lainnya dalam judul artikel anda, misalnya anda pilih kalimat "cara paling mudah menulis artikel di blog"  sebagai judul artikel anda.

5.Update artikel.


Setelah anda menerbitkan artikel anda tersebut yang berjudul "cara paling mudah menulis artikel di blog" selanjutnya anda harus selalu memastikan isi artikel tersebut selalu sesuai dengan perkembangan dunia internet, khususnya tentang cara menulis artikel di blog.

Tentu artikel anda akan nampak usang bila ternyata faktanya ada cara lain yang lebih mudah untuk menulis artikel dan cara tersebut sudah dikenal luas.

Demikianlah beberapa cara menulis artikel yang semoga dapat menjadi panduan bagi blogger pemula.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Ramdani Fitrian ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0