_Berbagi Dengan Penuh Ikhlas_

Blogger

Friday, May 3, 2013

10 Teknologi Pengganti Organ Manusia (Bagian Kedua)

10 Teknologi Pengganti Organ Manusia (Bagian Kedua)


Artificial Bones (Tulang Buatan)

Para peneliti telah menemukan sebuah materi baru yang tersusun atas asam sitrat dan 1,8-octanediol. Materi ini memiliki sifat elastis tetapi kuat, sehingga dapat dibentuk sesuai kebutuhan dan dapat digunakan untuk mengganti tulang anggota tubuh manusia yang mengalami kerusakan. Polimer yang dicampur dengan serbuk hidroksiapatit juga menghasilkan materi yang sangat kuat sehingga dapat digunakan untuk menyokong tulang yang mengalami kerusakan atau keretakan. Hidroksiapatit sendiri sebenarnya bahan alami yang juga terdapat di dalam itu sendiri.




Artificial Skin (Kulit Buatan)

Pada tahun 1996, kulit buatan pertama telah berhasil diproduksi oleh Institut Teknologi Massachusetts dan telah disetujui oleh FDA untuk digunakan pada pasien dengan luka bakar berat. Bahan kulit buatan tersebut tersusun atas tendo otot mamalia yang ditambah dengan molekul glikosaminoglikan (dari tulang rawan hewan) dan diikat dengan serabut kolagen. Bahan ini menyerupai struktur alami matriks ekstraseuler dan menjadi bahan dasar untuk membentuk lapisan dermis kulit yang baru. Pada tahun 2001, kulit 'plastik' yang dapat memperbaiki diri sendiri juga telah ditemukan dan dites oleh para peneliti dari Amerika. Bahkan kulit ini juga dapat dimasuki oleh pertumbuhan pembuluh darah baru, sehingga kulit ini benar-benar seperti kulit asli, dapat berdarah, dan apabila luka dapat memperbaiki dirinya sendiri.




Artificial Retina (Retina Mata Buatan)

Para peneliti dari Amerika Serikat telah berhasil mengembangkan retina buatan untuk mengembalikan penglihatan pada pasien yang mengalami kebutaan akibat kerusakan retina. Mereka juga menyatakan bahwa produk ini sudah mendapatkan lampu hijau dari departemen kesehatan Amerika untuk mulai diujicobakan pada 50-70 calon pasien.




Artificial Limbs (Anggota Gerak Buatan)

Ide ini pada awalnya muncul karena melihat kemampuan salamander dan cicak yang dapat menumbuhkan bagian tubuh mereka yang putus. Para ahli kemudian menyusun hipotesis dan memulai penelitian, dan ternyata mendapatkan hasil yang positif. Tetapi saat ini mereka masih belum memberikan keterangan lebih lanjut, mereka sangat berharap penelitian ini dapat menghasilkan hasil yang memuaskan, karena tentu akan sangat membantu para penyandang cacat untuk mendapatkan kembali anggota tubuhnya layaknya orang normal.




Artificial Body Parts from Stem Cells (Anggota Tubuh Buatan dari Sel Stem)

Para ilmuwan Inggris menemukan bahwa mereka dapat menumbuhkan katup jantung baru dari sebuah stem cell. Mereka berharap mereka dapat membuat satu buah jantung baru utuh dari stem cell tersebut. Kelebihan dari organ baru yang dihasilkan dari stem cell ini adalah organ tersebut selayaknya organ normal alami, tidak seperti organ buatan lainnya. Penelitian pengembangan stem cell menjadi berbagai organ sampai saat ini masih terus berlanjut.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Ramdani Fitrian ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0