_Berbagi Dengan Penuh Ikhlas_

Blogger

Thursday, May 2, 2013

Google Akan Membayar Apple 1 Miliar US Dollar di Tahun 2014


Logo Google dan Apple Bersama Google Akan Membayar Apple 1 Miliar US Dollar di Tahun 2014

Seperti yang telah diketahui Apple dan Google merupakan dua perusahaan teknologi dunia dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi, khususnya di dunia teknologi mobile. Apple dengan iOS dan Google dengan Android. Tapi pada tahun 2014, Google siap membayar Apple sebesar $1 Miliar (Sekitar 9,6 Triliun Rupiah) untuk kerjasamanya.
Google siap membayar Apple sebesar $1 Miliar (sekitar 9,6 Triliun Rupiah) pada tahun 2014 agar Google.com menjadi search engine default pada gadget-gadget atau hardware berbasis iOS seperti iPhone, iPad, iPod Touch.
Analis Morgan Stanley (perusahaan finansial multinasional), Scott Devitt melihat fakta hubungan Google dan Apple sebagai "frenemies" - musuh yang juga sekaligus teman - mengatakan bahwa Apple akan mendapatkan sejumlah keuntungan lebih dari penjualan devicenya yang berbasis Google sebagai mesin pencari utamanya.
Devitt mengestimasikan biaya yang dikeluarkan Google ke Apple tiap tahun terus meningkat seiring penjualan device iOS Apple. Oleh karena itu, ia memperkirakan bahwa pada tahun 2014, Apple akan mendapatkan $1 Miliar atau 9,6 Triliun Rupiah dari Google agar Google.com dapat menjadi mesin pencari utama dari device iOS.
Kesepakatan ini juga sama dnegan kesepakatan antara browser web utama seperti Opera dan Mozilla, yang menjadikan Google.com mesin pencari utamanya. Pada tahun 2014, Mozilla Foundation diperkirakan akan mendapatkan $400 Juta (sekitar 3,8 Triliun Rupiah) atas kesepakatan serupa ini.
apple vs googleAlasan mengapa Google berani membayar sebesar ini juga adalah karena menurut AppleInsider, Google mendapatkan 80 cent (sekitar 7 Ribu Rupiah) per pencarian di Device Apple, sedangkan pada Device Google sendiri, Google hanya mendapatkan 20 cent per pencariannya (sekitar 2 Ribu Rupiah). Keuntungan ini datang dari orang-orang yang me-klik iklan Google.
Kemungkinan besar persaingan ini tetap akan sangat tinggi sejak iOS menggunakan aplikasi pemetaannya sendiri. Walaupun begitu, tingkat persaingan ini tidak dapat dipastikan karena $ 1 Triliun atau 9,6 Triliun Rupiah sedang dipertaruhkan di sini, karena Apple belum mempunyai search engine-nya sendiri.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Ramdani Fitrian ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0