_Berbagi Dengan Penuh Ikhlas_

Blogger

Thursday, May 9, 2013

Windows XP Pensiun pada April 2014


Windows XP akan segera pensiun pada April 2014. Era kejayaan sistem operasi ini akan benar-benar berakhir. Hal itu disebabkan Microsoft akan berhenti menyediakan layanan update dan patch keamanan mulai April 2014. Dengan berakhirnya layanan tersebut, maka setelah April 2014 Windows XP menjadi sangat rentan terhadap serangan cyber melalui celah keamanan. Oleh karena itu para pengguna Windows XP dihimbau untuk segera meng-upgrade Windows XP yang mereka gunakan ke Windows 7 atau Windows 8 sebelum tenggat waktu itu.

Meski dalam berbagai kesempatan Microsoft sudah menerangkan hal tersebut, namun berdasarkan survei yang dilakukan sebuah perusahaan Inggris, Avanade, dengan melibatkan 200 Direktur IT dan Chief Information Officer (CIO), sebanyak 43 persen petinggi perusahaan menyatakan bahwa saat ini perusahannya tidak ada rencana melakukan migrasi. Alasan utama perusahaan tidak beralih ke Windows 7 karena sedang menunggu izin dari manajemen tentang proses biaya dan kehawatiran lainnya. Maklum, proses migrasi itu memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Booting Windows XP Professional
Booting Windows XP Professional (Gambar : Softpedia)

Strategi ini dilakukan Microsoft untuk mendongkrak penjualan Windows 8 yang terasa begitu lambat, bahkan lebih lambat dibanding penjualan Windows Vista pada 4 bulan pertama. Padahal, popularitas Windows XP saat ini masih menempati urutan kedua sebesar 38,73% dari seluruh pengguna komputer di dunia ini dibawah Windows 7 sebesar 44,73%. Beberapa kalangan menyatakan bahwa Windows XP merupakan sistem operasi buatan Microsoft yang paling sukses. Meski sudah berusia hingga 12 tahun tapi masih memiliki pengguna yang cukup banyak.
Grafik pengguna sistem operasi
Grafik pengguna sistem operasi (gambar : Softpedia)

Dampak dari "kematian" Windows XP akan membuat beberapa aplikasi tidak didukung dan menjadi  rentan. Oleh karena itu, jika tidak segera melakukan upgrade, bukan hanya sistem Windows saja yang menjadi ‘berbahaya’, tetapi juga berbagai aplikasi tambahan yang ada akan terkena imbasnya. Kerentanan ini tentu saja memberikan kesempatan pada hacker dan pelaku cybercrime lainnya untuk berbuat jahat dengan lebih mudah.

Jika saat ini Anda masih menggunakan Windows XP, sering melakukan transaksi online, dan tidak segera melakukan upgrade, maka setelah April 2014 nanti Anda jangan kaget jika rekening Anda tiba-tiba habis karena data-data kartu kredit Anda berhasil dicuri dengan mudah oleh spyware.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Ramdani Fitrian ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0