_Berbagi Dengan Penuh Ikhlas_

Blogger

Thursday, June 26, 2014

Fakta Unik yang Terjadi Seputar Pemilu 2014


Fakta Unik yang Terjadi Seputar Pemilu 2014



Ada beberapa fakta menarik tentang Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang. Fakta-fakta ini dikumpulkan oleh tim jawaban.com dan kesemuanya menarik untuk disimak. Ambil contoh mengenai pemilih yang tinggal di Batam dimana ribuan orang punya alamat yang sama, atau mengenai pemilih yang tinggal di luar negeri. Ini dia penjelasannya.

Ribuan Pemilih Di Batam Punya Alamat yang Sama

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Batam Kota, menemukan ribuan nama ganda dalam daftar pemilih tetap, dimana domisilinya pun sama. Terdapat sekitar 1.900 pemilih yang memiliki alamat tempat tinggal ganda dan 1.200 di antaranya berdomisili di tempat yang sama.

Ketua Panwaslu Kecamatan Kota Batam, Puryadi, mencontohkan terdapat dua nama Abdullah dengan alamat yang sama yaitu di Villa Pesona Asri Blok A-14 no.9 RW 10. Namun, Abdullah yang pertama berjenis kelamin perempuan, lahir di Lawang 14 April 1977 dan Abdullah kedua di Penarah, 5 Agustus 1983. "Anehnya lagi, di alamat tersebut ternyata rumah kosong dan tercatat ada sebanyak 1.102 pemilih yang terdaftar dalam DPT," ujarnya.

Pemilih di Luar Negeri Minta KPU Gelar Pemilu Lebih dari Sehari

Hingga 21 November mendatang, KPU melancong ke sejumlah negara untuk sosialisasi kepada Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN). Ada beberapa keluhan maupun saran yang disampaikan PPLN kepada KPU. "Mereka (PPLN) mengusulkan supaya untuk pemungutan suara di luar negeri tidak satu hari. Tetapi bisa beberapa hari seperti misalnya KPU menetapkan antara 30 Maret sampai 6 April 2014. Jangan 1 hari," ungkap Komisioner KPU Sigit Pamungkas.

86 Perusahaan Percetakan Ikut Nimbrung

Kali ini, ada sebanyak 86 perusahaan percetakan telah melirik KPU untuk pengadaan logistik KPU saat Pemilu 2014 mendatang. Kepala Biro Logistik KPU, Boradi mengatakan tidak semua perusahaan pendaftar lelang bakal lolos. "Dari sekian tadi telah dilakukan penelitian lapangan, melihat mesinnya, dokumen-dokumen yang diajukan sesuai dengan isian dokumen prakualifikasi apa tidak," jelas Boradi.

Ikut Pemilu, Parpol Malah Banyak yang Melanggar

Partai politik (parpol) yang ada harusnya menjadi contoh, apalagi menjelang Pemilu 2014, namun justru mereka melanggar aturan yang ada. "Ada 23 pelanggaran yang sudah kita tangani secara administrative. Kebanyakan masalah alat peraga," ujar Komisioner Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri.

Alat peraga yang dimaksud adalah spanduk, baliho,stiker, dan brosur. Jufri mengatakan tidak ada partai tertentu yang dominan melanggar, semua sama rata. "Kalau yang paling sedikit PDIP," ujarnya.

Pemilu 2014 adalah saat dimana masyarakat Indonesia akan memilih pemimpinnya yang baru, yang akan menjadi RI 1 dan menduduki tampuk kepemimpinan yang tertinggi. Siapapun dia, kita tentu berharap mendapatkan pemimpin yang terbaik. Jangan pernah golput jika ingin melihat Indonesia lebih baik. Pilih dengan bijaksana dan dengan penuh hikmat sehingga kita mendapatkan pemimpin yang tepat.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Ramdani Fitrian ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0