_Berbagi Dengan Penuh Ikhlas_

Blogger

Thursday, August 14, 2014

Cara Agar Menjadi Pribadi Yang Kreatif dan Inovatif


Cara Agar Menjadi Pribadi Yang Kreatif dan Inovatif – Sobat, sebelum berbicara tentang cara menjadikan diri sebagai pribadi yang kreatif dan inovatif mari kita ngomongin arti dari kata kreatif dan inovatiflebih dulu.
Kata kreatif berasal dari kata Bahasa Inggris “create” yang berarti membuat atau menciptakan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):”Memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan”. Menurut Munandar kreatif adalah menemukan, menggabungkan, membangun, mengarang, mendesain, merancang, mengubah ataupun menambah. Intinya makna dari kreatif adalah memiliki kemampuan untuk menciptakan yang baru. Sedangkan inovatif berasal dari kata “Innovate” yang berarti memperbarui. Makna dari inovatif adalah memiliki kemampuan untuk memperkenalkan sesuatu yang baru dari sesuatu yang telah ada dengan kata lain memperbarui menjadi beda. Jadi, beda ya sob, kalau kreatif itu sifatnya menemukan yang baru kalau inovatif itu memodifikasi atau memperbarui. Kata kreatif dan inovatif seringkali muncul secara berduaan. Mungkin memang sudah takdir mereka untuk berjodoh. Bukan saja dalam kalimat tapi juga dalam praktik riilnya.
Nah, sekarang mari kita ngomongin bagaimana caranya jadi pribadi yang kreatif. Sobat, untuk jadi orang kreatif hal pertama yang harus dilakukan adalah ... eng ing eng ... berpikir kreatif sob. Jadi kita harus mulai berpikir secara kreatif. Dari pemikiran-pemikiran kreatif tersebut kita bakal menemukan ide-ide kreatif nan unik bin gila untuk diwujudkan dalam bentuk kreatifitas nyata. Ini yang nantinya bakal kita sebut sebagai “karya” atau “kreasi”.
Gimana sih cara berpikir kreatif? Nanya saya yak,hee..
Berpikir secara kreatif dalam arti lain kita dituntut untuk berpikiran secara unik, nyeleneh dan beda. Nah, susahnya ada disitu pi, gimana tuh caranya jadi kreatif, ane bukan tipe orang yang suka berpikir macem-macem. Oke sob, ane tau sobat anak baik kog,heee..   
orang unik kreatif inovatif

Okay, back to topic. Sebenarnya berpikir kreatif itu bisa dilatih lho sob, ini tips-tips melatih otak berpikir kreatif:
1.    Buka mata buka telinga
Itu aja dulu sob yang dibuka jangan yang laen-laen ya... well, maksud buka mata en telinga sobat harus peka terhadap apa yang ada di sekitar sobat baik yang sobat lihat atau yang sobat dengar. Semakin banyak yang sobat ketahui, sobat akan memiliki banyak bahan untuk ditumbuhkan menjadi ide.
2.    Berani keluar dari rutinitas
Kadang karena terbelenggu rutinitas otak kita malas untuk memikirkan hal-hal lain yang sebetulnya penting untuk kita pikirkan. Sobat bisa meluangkan waktu sobat untuk mencari kegiatan lain sekedar untuk mencari inspirasi.
3.    Percaya diri
Kreatif identik dengan perbedaan, kreatif cenderung out of crowd. Orang-orang yang berpikiran kreatif adakalanya terlihat anti-mainstream bagi orang lain, untuk itu sobat harus tampil percaya diri dengan keberbedaan sobat. Jangan hanya karena alasan minder, sobat takut berpikir kreatif dan melakukan kreatifitas.
4.    Berhubungan dengan orang-orang kreatif
Poin ini juga penting sob. Dengan sering berkumpul dengan orang-orang kreatif kita bisa mengamati bagaimana cara berpikir mereka, cara mereka berkreasi,dsb. Intinya, dengan berhubungan dengan orang kreatif kita bakalan dapat inspirasi mana tahu juga ketularan sifat kreatif mereka.

Kalau sudah mampu berpikir kreatif, sobat pastinya bakal punya ide-ide menarik untuk diwujudkan. Sobat bakal memasuki tahap berkreasi. Yang namanya berkreasi itu butuh sedikit pengetahuan dan ketrampilan atau bakat. Kalau sobat tidak punya keahlian khusus, sobat bisa minta bantuan orang yang kompeten. Yang bikin orang lain dong? Nggak apa-apa lah kalau emang nggak bisa sendiri dalam pengerjaannya, yang penting ide orisinil. Kayak arsitek noh, idenya dikerjakan oleh tukang. Karya tetep atas nama arsiteknya kan bukan atas nama tukang, hee...
Menjadi kreatif itu tidak cukup sob tanpa adanya sifat inovatif. Misal, sobat adalah desainer sepatu. Sobat terbilang terbilang kreatif dalam menciptakan model-model sepatu dan sepatu-sepatu sobat laku keras di pasaran. Tapi, itu tidak akan bertahan lama. Akan ada sepatu-sepatu model baru yang akan menjadi pesaing produk sobat. Kalau sobat tidak melakukan inovasi, produk sobat bisa jadi akan kalah saing karena modelnya itu-itu aja. Orang butuh sesuatu yang baru dan segar untuk dilihat bukan yang itu melulu.
Pada dasarnya cara menumbuhkan sifat inovatif itu hampir sama dengan cara menumbuhkan sifat kreatif. Tambahannya, sobat harus jadi orang yang dinamis, itu aja. Kenapa dinamis? Yang namanya inovasi itu erat kaitannya dengan perubahan. Inovasi seringkali dibutuhkan ketika suatu produk/program/sistem atau apa pun itu, telah dirasa usang dan tidak sesuai dengan perkembangan zaman.
So, jangan stuck aja. Make your creativity better with innovation !!
!
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Ramdani Fitrian ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0