_Berbagi Dengan Penuh Ikhlas_

Blogger

Thursday, August 14, 2014

Inilah Jawaban atas Misteri Seputar “Fast Startup” di Windows 8



Inilah Jawaban atas Misteri Seputar "Fast Startup" di Windows 8
Jika kamu pengguna Windows 8 pasti kamu merasakan betapa cepatnya proses startup Windows 8. Baru juga dinyalakan..udah langsung terbooting dan bisa digunakan. Fitur itu dinamakam Fast Startup aka Hybrid Boot aka Hybrid Shutdown. Apapun sebutannya, yang pasti fitur ini adalah fitur baru di Windows 8 yang membantu kamu untuk mematikan dan menyalakan komputer dengan jauh lebih cepat.

BAGAIMANA CARA KERJANYA?

Saat dimatikan, Windows 8 menggunakan metode Hybrid Shutdown (hibernate parsial) yang akan menyimpan driver dan kernel session (informasi sistem) di file yang bernama hiberfil.sys. Ketika kamu menyalakan PC lagi, maka Windows 8 menggunakan informasi tersebut untuk melanjutkan sistem yang sebelumnya telah berjalan.
Hal ini akan membuat proses startup menjadi 30% – 70% lebih cepat karena membaca informasi sistem di hiberfile memang jauh lebih cepat daripada melakukan booting dari awal.
Kalau motherboard kamu dilengkapi dengan UEFI, proses startup bahkan akan jauh lebih cepat lagi.

APAKAH FAST STARTUP = HIBERNATE?

Tidak. Fast Startup tidaklah sama dengan hibernate. Dia hanya merupakan hibernate parsial yang menyimpan sebagian saja dari informasi sistem. Yang disimpan hanyalan driver dan session kernel, tidak lebih. Hal itulah juga yang membuat file hiberfil.sys berukuran jauh lebih kecil daripada file hibernate yang kadangkala bisa berukuran lebih dari 4GB.

APAKAH AMAN MENGGUNAKAN FAST STARTUP?

Sangat aman. Ini adalah fitur yang digunakan Microsoft untuk membuat informasi sistem tersimpan saat PC dimatikan, dan menggunakan informasi tersebut saat komputer dinyalakan. Fast Startup aman digunakan walaupun dalam jangka waktu lama. Fast Startup tidak akan merusak komputer, data, software, atau komponen apapun. Karena itu jugalah fitur ini aktif secara default di Windows 8.

PERMASALAHAN SEPUTAR FAST STARTUP?

Ada beberapa pengguna yang mengalami restart saat sign in screen tampil, dan beberapa mengalami hang ketika melakukan restart atau shutdown. Hal ini seringkali dialami oleh pengguna yang melakukan dual boot Windows 8 dengan versi Windows sebelumnya (misal: Windows XP, 7, Vista), walaupun ada juga pengguna lain yang mengalaminya walaupun tidak melakukan dual boot.
Jika kamu mengalami permasalahan ini, matikan saja fitur Fast Startup di Windows 8 kamu. Jika tidak mengalami permasalahan apapun, sebaiknya tetap biarkan fitur ini aktif.

CARA MEMATIKAN ATAU MENGHIDUPKAN FITUR FAST STARTUP

1. Buka Control Panel
Buka Control Panel
2. Buka Power Options
Buka Power Options
3. Pilih Choose what the power buttons do
Pilih Choose what the power buttons do
4. Klik Change settings that are currently unavailable
Klik Change settings that are currently unavailable
5. Hilangkan centang Turn on fast startup untuk mematikan, atau centang untuk mengaktifkan.
Hilangkan centang Turn on fast startup untuk mematikan, atau centang untuk mengaktifkan

Itulah jawaban atas misteri seputar Fast Startup di Windows 8. Fitur ini cukup bermanfaat untuk menghemat waktu setiap kali mematikan dan menyalakan komputer. WinPoin menyarankan agar kamu tetap menggunakan fitur ini, kecuali jika kamu mengalami permasalahan seperti diatas.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Ramdani Fitrian ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0