_Berbagi Dengan Penuh Ikhlas_

Blogger

Friday, July 29, 2016

Perbedaan TV LCD dan LED Dilihat dari Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan TV LCD dan LED - Menonton televisi sekarang begitu dimudahkan, karena semakin hari kemajuan teknologi di bidang pertelevisian semakin meningkat. Dari yang awalnya dahulu televisi harus ditonton secara hitam putih, perkembangan terbarunya sekarang adalah televisi LCD dan LED. Terdapat perbedaan TV LCD dan LED yang dapat Anda jadikan pedoman mengenai jenis TV apa yang akan Anda beli nantinya. LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display, yaitu TV LCD mempunyai kristal cair yang ada diantara panel layar televisi. Kristal cair tersebut akan aktif jika terdapat arus listrik.

perbedaan lcd dan led laptop,lcd dan led monitor,tv plasma dan led,lcd dengan led,
TV LCD dalam bekerjanya menggunakan lampu CCFL (Cold Cathoda Fluorescent Lamps). Cara kerja dari TV LED adalah dengan produksi gambar hitam dan gambar-gambar yang berwarna dengan pancaran lampu CCFL pada belakang layar. Kemudian cahaya-cahaya tersebut dinyalakan atau dimatikan oleh LCD shutter yang melewati cahaya putih. Kemudian lanjut pada TV LED cara kerjanya adalah dari kristal platform cair yang sama tetapi berasal dari pemancar cahaya untuk mendukung pencahayaan pada jenis televisi ini. LED TV adalah inovasi baru dari LCD TV tetapi cahaya flurescent digantikan dengan LED. 

Untuk TV LED sendiri terdapat dua jenis, yaitu RGB LED dan EDGE LED. Perbedaannya yaitu pada peletakan LED, jika pada REGB LED diletakkan di belakang panel layar, sedangkan pada EDGE LED diletakkan di sekeliling layar. Perbedaan TV LCD dan LED juga dilihat dari kelebihan masing-masing, sehingga apa yang menjadi kebutuhan Anda dapat Anda sesuaikan dengan kelebihan yang dimiliki oleh LCD TV maupun LED TV. Kelebihan masing-masing jenis TV tersebut yaitu:

• LCD TV
LCD TV mampu menghasilkan warna yang baik dan realistis dan gambar yang dihasilkan tidak terdapat bayangan. Ukuran warna maupun gambar lengkap dari yang kecil sampai dengan besar. Hal positif dari TV ini adalah layarnya yang dapat dijadikan sebagai layar komputer dan tidak terdapat radiasi yang dipancarkan. 

• LED TV
Sebagai produk yang lebih baru, LED TV mempunyai kelebihan yang lebih banyak dibandingkan dengan LCD TV. Penggunaan LED TV membutuhkan listrik yang lebih rendah, hal ini tentu sebagai perkembangan yang lebih baru di dunia pertelevisian. LED TV mempunyai tingkat kontras yang lebih tinggi daripada LED TV. LED TV dapat diproduksi dengan layar yang tipis sampai hanya 2,5 cm saja. Variasi dari LED TV ada yang dilengkapi dengan TV tuner, gambar-gambar digital, dan variasi lainnya.

Selain kelebihan-kelebihan yang dimiliki terdapat juga kelemahan masing-masing jenis TV tersebut sebagai perbedaan TV LCD dan LED. LED TV akan mengalami penurunan kualitas gambar jika dilihat pada sudut pandang yang lebih lebar. Terkadang gambar yang dihasilkan juga dapat kabur karena refresh rate dan response time yang rendah. Kemudian kekurangan dari LED TV adalah harganya yang cukup mahal dibandingkan jenis-jenis TV lainnya. Tetapi harga mahal tersebut sebenarnya sudah disesuaikan dengan fitur-fitur LED TV sebagai televisi model terbaru. Apa yang sudah diulas di atas dapat menjadi pertimbangan bagi Anda mengenai televisi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Ramdani Fitrian ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0