_Berbagi Dengan Penuh Ikhlas_

Blogger

Tuesday, August 9, 2016

Dahsyatnya Keutamaan Pada 8 Surat Dalam Al-Qur’an


image: alfatihoun.edaama.org
Sungguh luar biasa tatkala ayat-ayat suci yang terdapat dalam Al-Quran dilantunkan serta diresapi dalam pikiran dan hati.  Menjadi penyejuk jiwa yang gundah gelisah, dan sebagai obat penawar bagi hamba yang resah.  Setiap surat yang dibaca dalam Al-Quran ini, mengandung banyak arti dan makna yang cukup memukau bagi umat manusia di bumi. 

Namun secara sepintas, bisa dijelaskan dengan adanya sabda Nabi yang merupakan penjelas bagi setiap ayat yang telah tertulis dalam kitab Allah SWT ini. Sehingga dari situ ditemukan sebuah keutamaan yang begitu mendalam akan setiap surat dalam Al-Quran, serta bermanfaat bagi umat yang mengamalkannya. 

Sebenarnya, setiap surat dalam Al-Quran memiliki keutamaan yang tak terduga dan luar biasa. Namun ada 8 surat di dalam Al-Quran yang bisa juga anda terapkan dan amalkan dalam kehidupan anda sehari-hari. Dari delapan surat tersebut, memiliki keutamaan yang berbeda-beda, sesuai apa yang dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad SAW. Berikut keterangannya.

1.  Surat Al - Fatihah
Berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Rafi bin Al-Ma’la R.A, Bahwasannya di dalam hadits tersebut menjelaskan, Bahwa surat Al-fatihah merupakan surat yang paling besar dalam Al-Quran. Yang mana Al-Fatihah juga dinamakan dengan Ummul Kitab, Suratul Munajah, Suratul Kafiyyah, dan Suratus Shalah. Sehingga  surat Al-Fatihah ini kerap dijadikan oleh para umat Islam sebagai pembukaan awal dalam suatu majlis, Yang mana supaya mendapat berkah atau fadhilah yang ada di dalamnya.

2. Surat Al - Baqarah dan Ali - Imran
Perlu diketahui, Bahwa menurut hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Umamah R.A, Bahwasannya di dalam hadits tersebut menjelaskan, Barang siapa yang membaca Az-Zahrawain ( Yakni surat Al-Baqarah dan Ali Imran), Maka di hari kiamat nanti keduanya akan datang layaknya awan atau burung untuk membela bagi orang yang selalu membaca Surat tersebut. Sehingga Kedua surat ini bisa menjadi kunci pembelaan di akhirat bagi orang yang mengamalkannya dengan istiqomah. 

3. Surat Al - Kahfi
Di dalam penjelasan yang didasarkan oleh sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Sa’id R.A,  Menjelaskan bahwa barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka akan diterangi dengan cahaya diantara dua jumat. Sehingga fadhilah dari surat Al kahfi ini, memberikan suatu pintu yang terang dalam menjalani hidup bagi siapa saja yang mengamalkannya.

4. Surat Yasin
Membaca dan mengamalkan surat yasin dalam waktu semalam dengan penuh keikhlasan, Maka Allah SWT akan mengampuni semua dosa-dosa yang telah diperbuat oleh hamba, Yang selalu mengamalkan Surat Yasin. Hal demikian memang sesuai dengan sabda Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Malik dan Ibnu Hibban dari Rawi keduanya, yakniSahabat Jundhab R.A. Sehingga tidak heran bahwa banyak orang yang berbondong-bondong untuk beristiqomah membaca surat yasin dalam suatu majlis, Terutama pada malam jumat. Selain itu surat Yasin juga merupakan jantungnya Al-Quran.

5. Surat Al - Waqi’ah
Berdasarkan sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dari rawinya Ibnu Mas’ud, Menjelaskan bahwa barang siapa yang membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka Allah SWT akan menggampangkan pintu rizkinya. Dan seseorang akan tercegah dari kefakiran atau kemiskinan. Dengan adanya keutamaan tersebut, setidaknya bisa diterapkan secara rutin dan istiqomah, Agar seluruh fadhilah yang ada di dalamnya bisa menghantarkan kita dalam menempuh jalan yang diridhai Allah SWT.

6. Surat Al - Mulk 
Dalam surat Al-Mulk memiliki keutamaan yakni, Keselamatan di alam kubur bagi siapa saja yang membaca / mengamalkannya. Hal demikian memang sesuai dengan sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Ibnu Abbas R.A.  Selain itu, di dalam surat Al-Mulk ini, Ada 30 ayat yang bisa memberikan syafa’at kepada seseorang sampai diampuni dosa-dosanya.

7. Surat Al - Ikhlas
Bilamana ada seorang yang bisa membaca atau mengamalkan surat Al-Ikhlas dengan penuh cinta, maka Allah akan senantiasa memasukkan orang tersebut ke surga. Yang mana hal demikian memang sesuai dengan adanya sebuah cerita / sejarah yang ada dalam hadits, Yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Anas R.A.  Dan keutamaan lain di dalam surat Al-Ikhlas ini, Bahwa membaca surat Al-Ikhlas sama ibaratnya dengan membaca sepertiga dari ayat-ayat Al-Quran.

8. Al - Mu’awidzataini
Pada surat Al - Muawidzataini ( An - Nas dan Al - Falaq ) terdapat keutamaan, Yakni seseorang akan terlindung dari godaan setan, jin dan orang-orang yang mau berbuat dzalim. Sehingga kedua surat ini, memiliki fadhilah yang luar biasa bagi orang yang mau mengamalkannya. Sehingga orang tersebut akan selamat dari berbagai musuh yang datang, baik itu berupa jin, manusia yang dzalim, maupun godaan setan lainnya.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Ramdani Fitrian ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0