_Berbagi Dengan Penuh Ikhlas_

Blogger

Monday, August 8, 2016

Delapan Fakta tentang Palestina yang Jarang Orang Ketahui



Masjid Al Aqsha Bukanlah Sebuah Masjid Yang Berkubah Emas

Masjid Al Aqsho ditandai warna merah
Masjid Al Aqsha dengan gambar masjid kubah emas yang biasa ditayangkan dalam sebuah berita baik di televisi maupun artikel di internet adalah bukan Masjid Al Aqsha. Masjid yang berkubah emas adalah Qubah Ashakhra atau Dome of Rock (Kubah Batu). Kubah Batu ini dibuat pada masa pemerintahan Khalifah Abdul Malik bin Marwan yang didalamnya dipercaya terdapat pijakan batu yang digunakan Nabi Muhammad saat naik ke langit pada peristiwa Isra’ Mi’raj. Menurut sejarawan pembuatan bangunan ini bertujuan agar ummat muslim tidak terpesona dengan kemegahan bangunan agama lain sehingga Khalifah Malik bin Marwan melebur 10.000 dinar emas untuk dibuat kubah emas. Masjid Al Aqsha terletak berdekatan dengan kompleks Kubah Emas. Masjid Al Aqsha mempunyai kubah berwarna hitam.

Penjaga Kunci Sebuah Gereja di Betlehem Adalah Seorang Muslim

Salah satu gereja yang dipercaya orang Nasrani sebagai tempat suci dijaga oleh keluarga muslim secara turun temurun selama ratusan tahun. Wajih Nusseibeh adalah seorang muslim yang memegang kunci gereja tersebut sehingga setiap pukul 4 pagi dia sudah berada di gereja ini untuk membuka pintu gereja. Alasan mengapa kunci gereja ini dipegang oleh seorang muslim karena ada beberapa sekte Kristen yang memperebutkan gereja ini. Agar adil dan netral, beberapa sekte tersebut menunjuk seorang muslim untuk menjadi penengahnya. 

Sejak Dahulu Orang Yahudi Diusir Dan Dibenci Oleh Berbagai Bangsa

Tidak seperti kaum ‘Ad, Tsamud, dan bangsa Sodom kaum Nabi Luth AS yang dibinasakan oleh Allah SWT. Al Qur’an menjelaskan bahwa kaum Bani Israel adalah salah satu kaum terdahulu yang ditangguhkan adzabnya oleh Allah SWT agar menjadi pelajaran bagi umat Islam sekarang. Kaum Bani Israel adalah kaum yang suka membangkang perintah Allah SWT karena membunuh para Nabi, menyembah berhala patung anak sapi, dan lain sebagainya. Salah satu hukuman yang diberikan Allah SWT adalah kaum Bani Isrel tidak akan mempunyai tempat tinggal menetap sebagaimana bangsa-bangsa lainya. Ketika  Nebukadnezar (Babilonia) menguasai Palestina, ia menawan dan membawa orang-orang Yahudi ke negerinya. Dan akhir dari eksistensi kaum Yahudi di Palestina adalah ketika Raja Titus (Romawi) menawan dan membawa orang-orang Yahudi ke Romawi (Eropa).

Orang-Orang Yahudi Bukanlah Penduduk Asli Yang Mendiami Palestina

Al Quran menyebutkan kisah Nabi Musa AS yang membebaskan Bani Israel dari perbudakan Fir’aun di Mesir kemudian menyuruh Bani Israel masuk ke Palestina. Kisah Nabi Musa AS di dalam Al Quran dan di Kitab Injil  menjadi bukti yang sangat nyata bahwa di Palestina sudah terdapat bangsa yang terlebih dahulu mendiami wilayah Palestina.

Masjid Al Aqsha Adalah Qiblat Pertama Ummat Muslim Sebelum Ka’bah

Masjdi Al Aqsha adalah kibat pertama umat Islam sampai enam belas atau tujuh belas bulan setelah Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Madinah. Kemudian turun wahyu yang memerintahkan Rasulullah SAW dan umatnya utuk mengalihkan kiblat ke Ka’bah.

Kota Gaza Adalah Kota Kelahiran Imam Syafi’I Ulama Madzhab Terbesar Yang Diikuti Ummat Muslim Di Seluruh Dunia

Gaza merupakan kota perjuangan dan perlawanan umat Islam. Kota ini mempunyai luas 365 km persegi.  Gaza akan selalu diingat dan dikenang bagi mereka yang mencintai Rasulullah SAW dan bagi mereka yang mengikuti madzhab Syafi’i. Buyut Rasulullah SAW wafat dan dikubur di Gaza, beliau bernama Hasyim bin Abdul Manaf. Beliau adalah orang tua dari kakek Rasulullah SAW. Imam Syafi’I, murid Imam Malik, ulama yang terkenal dengan kapandaiannya juga dilahirkan di kota Gaza. Bagi umat Islam yang mengikuti mazhab Imam Syafi’I seharusnya memiliki kepedulian terhadap Paletina.

Kota Jerusalem Bernama  Lain Al Quds

Kota ini memiliki beberapa nama yaitu Yerusalem, Al-Aqsha, Ur- Salim, Elia, Baitul Maqdis, dan Baitul Muqaddas. Pada zaman Rasulullah SAW beberapa hadits menyebutkan redaksi kota Yerusalem disebut sebagai “Baitul Maqdis”. Jadi sekarang sebaiknya sebagai umat Islam yang mengikuti sunnah Rasul ada baiknya mengganti sebutan Yerusalem dengan nama Al Quds atau Baitul Maqdis.

Masjid Al Aqsho Adalah Masjid Yang Sunnah Diziarahi Selain Masjidil Haram Mekah Dan Masjid Nabawi


Rasulullah SAW menegaskan kedudukan Masjidil Al Aqsha terhadap Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Dari Abu Said Al Khudri ra, ia berkata “Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah melakukan ziarah kecuali ke tga masjid yaitu Masjidil Haram,Masjidil Al Aqsha, dan masjidku ini (yakni Masjid Nabawi). (HR. Bukhari dan Muslim).  
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Ramdani Fitrian ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0