_Berbagi Dengan Penuh Ikhlas_

Blogger

Tuesday, August 9, 2016

Trik Jitu Hilangkan Bau Apek dan Lembab Dalam Ruangan


image: sheknows.com
Kenyamanan ruangan rumah memang sudah menjadi hal penting bagi setiap penghuninya. Namun tahukah anda, berbagai macam desain bangunan megah juga disusun elit, rapi, dan mempesona. Terlepas dari situ semua, tidak sedikit pula bangunan di nusantara saat ini dibangun merapat dengan menggunakan desain minimalis dan ruangan tertutup. Sehingga ketika suhu tinggi menerpa ruangan tersebut, menjadikan ruangan rumah mudah sekali pengap dan lembab. 

Akibatnya kondisi ruangan pun menjadi sarang kuman, yang menimbulkan berbagai macam penyakit. Ditambah lagi bau apek muncul dikarenakan ruangan pengap, sehingga salah satu pilihan yang kerap dilakukan yakni menggunakan pengharum ruangan sebagai pilihan untuk mengatasinya.

Lantas, apakah ada cara alami untuk menghilangkan bau apek akan keadaan ruangan semacam ini…?. Tentu saja banyak sekali metode alami untuk menghilangkannya. Bahkan ruangan yang tadinya lembab disertai dengan bau kurang mengenakkan, akan bisa berubah menjadi sejuk, segar, dan nyaman untuk ditempati. 

Anda bisa meracik sendiri menggunakan bahan alami, sebagai cara alternatif di saat ruangan tampak lembab dan pengap.

Berikut cara untuk menghilangkan bau apek dan lembab dalam ruangan secara alami :

1. Perpaduan Minyak Esensial Jeruk, Kayu Cendana, Dan Cengkeh
Ruangan lembab serta menimbulkan bau apek kurang menyenangkan, tentu saja anda risih untuk menempati ruangan tersebut bukan…?. Semisal di bagian kamar, ruang kerja, maupun ruangan tamu di rumah. Maka cara menghilangkan bau semacam ini bisa juga memanfaatkan bahan alami, seperti Minyak Esensial berasal dari jeruk, kayu cendana, dan cengkeh. 

Cara mengolahnya : Pertama kali campurkanlah ketiga bahan tadi ke dalam wadah yang tersedia. Kemudian larutkan dengan air secangkir agar semua bahan dapat tercampur sempurna. Alhasil, dari situ akan membuahkan bau harum yang cukup tangguh untuk membunuh bakteri jahat dikarenakan ruangan lembab, maupun bau apek di dalamnya.

Dengan cara menuangkan ramuan alami tadi ke dalam botol semprotan, kemudian menyemprotkannya pada tiap sisi ruangan. Hal tersebut akan menjadikan keadaan ruangan sejuk, tidak terasa lembab, dan bau apek dapat disingkirkan secara maksimal.

2. Kombinasi Minyak Esensial dari Pepermint, Jeruk, dan Cuka
Gunakan ramuan alami ini untuk mengondisikan ruangan agar tidak lembab, pengap, serta terhindar dari kuman yang menjadi sarang penyakit. Untuk cara pembuatannya pun juga cukup mudah.

Siapkan saja minyak esensial dari pepermint dan jeruk, kemudian tambahkan cuka secukupnya saja. Setelah itu larutkanlah dengan secangkir air bersih. Aduk ramuan hingga merata, barulah anda bisa menggunakannya sebagai pengharum lantai secara alami.

3. Gunakan Lemon, Teh, dan Eucalyptus
Dalam menghilangkan bau apek  dan menanggulangi ruangan lembab agar tetap segar, Maka mencampurkan minyak yang terbuat dari daun eucalyptus dengan daun teh dan lemon, merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi persoalan ini.

Campurkan minyak esensial eucalyptus dan daun teh dengan lemon atau air perasannya. Ambillah botol semprotan dan campurkan ketiga bahan tersebut ke dalam 1 setengah gelas air. Lalu memasukkan ke dalam botol semprotan untuk diterapkan pada jendela rumah. Efek harum pada ramuan tadi, dapat dijadikan cara untuk menghilangkan bau apek serta tingkat kelembaban ruangan agar berubah menjadi lebih segar dan nyaman.

Hal yang perlu diperhatikan saat kusen atau kaca jendela diselimuti debu dan kotoran lain :
Siapkan saja setengah cangkir cuka putih dan lemon atau jeruk nipis. Campurkan semua bahan menjadi satu dan tambahkan secangkir air, kemudian aduk hingga merata. Semprotkan ramuan alami tadi pada kusen maupun kaca jendela agar udara yang masuk menjadi lebih segar.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Ramdani Fitrian ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0